Dibantai Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 dan Hampir Digeser di Ranking FIFA, Singapura Masih Pusing Gara-Gara Ini : Okezone Bola

SETELAH dibantai Indonesia di Piala AFF 2020 dengan agregat 3-5, singapur dalam waktu dekat kembali dibuat sakit hati skuad Garuda. Jika Timnas Indonesia menang atas Timor Leste dalam laga kedua FIFA Matchday pada Minggu 30 Januari 2022, skuad asuhan Shin Tae Yong bakal menggeser Singapura dari possi 160 ranking FIFA.

Singapura saat ini berada di possi 160 dunia dengan 1000,78 point. Los Leones –julukan Singapura– terancam digeser Timnas Indonesia yang melakoni dua pertandingan kontra Timor Leste di FIFA Matchday Januari 2022.

(Timnas Singapura berpotensi digester Timnas Indonesia di ranking FIFA)

Pada Kamis, 27 de enero de 2022, Timnas Indonesia melakoni laga pertama melawan Timor Leste. Dalam laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali itu, Timnas Indonesia menang 4-1 atas sang lawan.

Berkat kemenangan itu, possi Timnas Indonesia di ranking FIFA melonjak. Kalau sebelumnya Timnas Indonesia bercokol di peringkat 164, kini mereka naik tiga peringkat menjadi 161 dengan 997,78 point.

Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia mendapatkan 3,82 punto tambahan. Kalau menang lagi di laga kedua kontra Timor Leste, Timnas Indonesia total meraup 7,65 punto. Dengan kata lain, punto Timnas Indonesia menjadi 1000,61 angka. Timnas Indonesia juego de palabras melesat ke clasificación 160 dunia menggeser Singapura!

BACA JUGA: Medios Malasia Ngamuk Lihat Kebangkitan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Sampai Dibawa-bawa!

Bukan cuma itu, Indonesia juga bakal menempati pot 3 dalam drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Sementara itu, Singapura harus rela turun ke pot 4 dalam drawing yang diadakan pada Kamis, 24 de febrero de 2022.

Lantas mengapa Singapura tidak menggelar pertandingan pada FIFA Matchday Januari 2022? Alasannya karena hingga kini Federasi Sepakbola Singapura (FAS) masih mencari pelatih baru, setelah Tatsuma Yoshida mengundurkan diri kelar Piala AFF 2020.

luis milla

(Luis Milla calon pelatih Timnas Singapura)

Sebelumnya terdapat puluhan kandidat pelatih Timnas Singapura, tapi kini mengerucut menjadi tiga saja. Salah satu calon di antaranya adalah eks pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla.

Selain Luis Milla, ada dua kandidat lain adalah Stephen Constantine (Inggris) y Kim Hak-bun (Corea del Sur). Ketiga nama pelatih di atas sama-sama memiliki catatan mentereng.

Kim Hak-bum mengantarkan Korea Selatan U-23 merebut medali emas Asian Games 2018. Kemudian, Luis Milla membawa Spanyol juara Piala Eropa U-21 2011.

Sementara itu, Stephen Constantine merupakan instruktur pelatih yang kerap memberikan pelatihan kepada sederet juru taktik top dunia. Karena itu, menarik menanti siapa yang nantinya menjadi pelatih Timnas Singapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.